Berdasarkan program kerja PB Forki dan kerjasama FORKI dengan Departemen Pendidikan Nasional dalam kegiatan Karate masuk sekolah. Forki kembali melaksanakan Sertifikasi Pelatih Tingkat Pratama/Muda tahap II pada tanggal 24 – 27 Juli 2008, di dua wilayah (zona) Barat, dan Timur

Pesertanya diutamakan dari utusan Cabang Forki Kabupaten/Kota yang belum mengikuti sertifikasi pelatih tingkat pratama tahap I, yang dilaksanakan oleh PB FORKI.
Adapun pembagian dua wilayah/zona:

·          Zona I pelaksanaannya di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara. (Kontak person: Sdr. Salim HP.08163120340)

·          Zona II pelaksanaannya di Balai Diklat Pertanian Kalasey Manado, Sulawesi Utara. (Kontak person: Sdr. Rio Mangowal HP.081356024567).

Sementara itu Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) PB FORKI Madju Dharyanto mengatakan, Sertifikasi Pelatih Pratama ini menggunakan metode MTT (Mobile Trainning Team) ini bertujuan untuk menyeragamkan kemampuan pelatih di seluruh Indonesia.
“Dari PON XVII/2008 – Kaltim lalu, kita melihat daerah memiliki potensi besar. Karena itu, kita akan kembangkan potensi tersebut,” ujar Madju. Peserta Sertifikasi Pelatih Tingkat Pratama/Muda, dari perguruan karate dari tingkat Ranting/Cabang FORKI di Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.
Selanjutnya, para pelatih itu akan ditugaskan untuk melatih karateka junior di masing-masing daerah. Hasil didik mereka nanti akan mengikuti kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) pada 14-17 Agustus mendatang di Jakarta. “Juara dari O2SN ini akan mendapat beasiswa dari Mendiknas,” tandas Madju.